Orangutan Jaman Now

Bayi Orangutan Bersama Induknya

Pernahkah kamu sekalian melihat Orangutan yang bebas berkeliaran di hutan? Jangan bilang lihatnya di chanel Nat Geo Wild yah heheee….Bisa dikatakan sangat susah untuk melihat secara langsung Orangutan berkeliaran bebas di hutan-hutan. Hal ini dikarenakan populasi dari Orangutan itu sendiri yang sudah sangat sedikit di Indonesia. Berdasarkan data Population and Habitat Viability Assessment (PHVA) Orangutan 2016 yang dikutip oleh Kedalautan Rakyat Jogja, bahwa populasi Orangutan hanya 71.820 ekor.

Nah, Orangutan yang jaman dulu sangat banyak populasinya dan dapat hidup bebas di hutan liar terus berubah dipaksa mengikuti perkembangan jaman. Jaman now, Orangutan harus menyesuaikan diri dengan kehidupan penguasa bumi untuk menyingkir lebih masuk lagi kedalam hutan jika tidak ingin tertangkap bahkan terbunuh.

 

Pongo pygmaeus Critically Endangered By IUCN

Nah, karena penyusutan populasinya, maka Orangutan termasuk masuk binatang yang dilindungi. Bahkan menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature), Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) merupakan satwa karismatik yang dikategorikan kritis (Critically Endangered). Sebagai anak kelahiran Kalimantan, saya amat sangat prihatin akan status dari primata asli Kalimantan. Sedangkan Orangutan sumatera sudah terlebih dahulu memperoleh predikat Critically Endangered.

Habitat

Sesuai dengan namanya, habitat asli dari Orangutan ialah hutan. Bukan kebun binatang, taman safari, apalagi supermarket hehee….Dan bukan rahasia umum, jika keberadaan hutan di Indonesia terus menyusut luasannya.

Keberadaan Hutan Di Borneo

Catatan dari Kementrian Kehutanan Indonesia yang dikutip dari WWF mengungkapkan hal yang memprihatinkan, data penyusutan hutan di Indonesia tercatat tidak kurang dari 1,1 juta hektare atau 2% dari total luasan hutan itu sendiri. Laju pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat, tentu saja membutuhkan sandang, pangan dan papan yang juga semakin meningkat….bahkan sudah merambah hutan. Pembukaan lahan hutan untuk pertanian, perkebunan dan perumahan merupakan beberapa contoh nyata.

Jadi, masuk logika kan jika habitat atau rumah mereka sudah berkurang luasannya, sehingga menyebabkan populasi dari orangutan juga semakin berkurang dari tahun ke tahun.

Perburuan Liar Dan Penjualan Binatang

Orangutan banyak diburu dan dibunuh oleh manusia, dengan alasan bahwa Orangutan merupakan hama karena sering mencuri dan merusak tanaman perkebunan warga. Padahal, manusia lho yang merambah habitat orang utan.

Orangutan yang tertangkap, kemudian dijual dan dijadikan binatang peliharaan. Banyak kan sekarang Orangutan yang hidup diluar habitatnya, di Kebun Binatang, Taman Safari, bahkan di rumah-rumah warga sebagai binatang peliharaan.

Kenapa Harus Dilindungi?

Pertanyaan diatas beberapa kali menggelayut di pikiranku, hingga akhirnya ada seorang teman yang menginformasikan bahwa tindakan perlindungan Orangutan itu sangat perlu bagi keberlangsungan hidup manusia. Lho kok bisa?

Pertama. Orangutan adalah binatang yang memprakarsai konservasi. Biji-bijian tanaman langka akan disebarkan secara otomatis oleh Orangutan. Nah biji-bijian tersebut nantikan akan tumbuh kembali menjadi pohon.

Kedua. Orangutan yang mempunyai kaki dan tangan yang panjang (hingga 7 kaki) mampu membuka pohon-pohon (dengan cara bergelantungan) sehingga sinar matahari mampu menembus masuk ke dalam tanah di hutan tersebut, sehingga biji2 serta pohon2 kecil akan tumbuh subur.

Ketiga. Indonesia dikenal sebagai mega biodiversity dunia dengan banyaknya tanaman di hutan perlu juga untuk kita teliti. Siapa tahu nantinya ada tanaman yang ampuh untuk mengobati penyakit tertentu. Dikarenakan DNA manusia dan Orangutan 97% sama. Sehingga hampir semua penyakit yang diderita oleh Manusia juga diderita oleh Orangutan, dan demikian juga sebaliknya. Sehingga manusia dapat mempelajari makanan Orangutan, siapa tahu makanan yang mereka dapat dari hutan dapat menyembuhkan penyakit. Nah tanaman tersebut nanti dapat kita kembangkan untuk pengobatan di masa depan

My Opinion

Nah, sudah pada tahu kan kenapa Orangutan harus kita lindungi. Selain pengawasan dan penegakan secara ketat dari beberapa aturan hukum mengenai perlindungan Orangutan maupun habitatnya. Perlu juga tiap Pemerintah Daerah membuat kawasan konservasi Orangutan di tiap RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) sehingga keberadaan Orangutan dapat terjaga meskipun dalam kawasan yang minimalis.

 

Leave a Reply

Jadi pengomentar pertama yuk!

avatar
  Subscribe  
Notify of