Balitbangtan Keluarkan Varietas Padi Toleran Naungan

Seiring dengan tingginya target tanam padi lahan kering (gogo), maka perlu inovasi terbarukan tentang padi gogo itu sendiri, termasuk varietas yang mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan sekitar. Menjawab tantangan tersebut, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pertanian telah merilis dua varietas terbaru. Keunggulan dua varietas tersebut adalah toleran akan naungan.

Kedua varietas tersebut dilepas berbarengan dengan acara Seminar Padi Nasional yang bertempat di Balai Besar Penelitian Padi, Sukamandi, Jawa Barat. Bersama itu juga dilepas beberapa varietas padi unggul terbaru seperti Inpara 8, Inpara 9, Luhur 1, Luhur 2, serta Tarabas.

Pelepasan Varietas Unggul Baru Pada Acara Seminar Padi Nasional 2017

M. Syakir (Kepala Balitbangtan) dikutip oleh republika.co.id dua varietas yang akan dilepas adalah Rindang 1 Agritan dan Rindang 2 Agritan. Rindang 1 Agritan merupakan hasil persilangan dari Selegreng/Simacan yang memiliki keunggulan potensi hasil 6,97 ton/ha dengan rata-rata hasil 4,62 ton/ha. Umur tanaman varietas ini sekitar 113 hari dengan kadar amilosa 26,4 persen, selain itu toleran terhadap naungan, agak toleran terhadap kekeringan, dan toleran keracunan Al 40 ppm.

Sedangkan Rindang 2 merupakan hasil persilangan Batutugi/CNA2903//IR60080-3/Memberamo yang memiliki keunggulan potensi hasil 7,39 ton/ha dengan rata-rata hasil 4,20 ton/ha. Umur varietas ini sekitar 113 hari dengan kadar amilosa 16,4 persen, agak toleran terhadap naungan dan kekeringan, dan sangat toleran keracunan Al 40 ppm. Keduanya mempunyai keunggulan tambahan yaitu tanaman Rindang 1 dan 2 Agritan adalah tahan rebah dengan bentuk tanaman tegak,” katanya.

Dari segi ketahanan terhadap OPT. Rindang 1 dan 2 Agritan agak peka terhadap hama WBC biotipe 1, 2, dan 3. Rindang 1 tahan terhadap penyakit blas ras 001, 041, 033, dan agak tahan blas ras 173. Sedangkan Rindang 2 tahan terhadap penyakit blas ras 001, 041, 033, dan agak tahan ras 073, 051.

Perbedaan lain yang dimiliki varietas padi unggul baru Rindang 1 Agritan dan Rindang 2 Agritan memiliki teksur nasi yang berbeda. Rindang 1 memiliki tekstur nasi pera sedangkan rindang 2 pulen.

Varietas Rindang 1 dan 2 Agritan baik ditanam pada lahan kering dataran rendah. Varietas unggul baru ini diharapkan dapat menambah pilihan kepada petani di lahan kering. Kedua varietas tersebut dapat ditumpangsarikan dengan tanaman perkebunan dan tanaman hutan industri, sehingga dapat menambah luas tanam padi lahan kering Indonesia pada masa-masa mendatang.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan komentar

2 Comments on "Balitbangtan Keluarkan Varietas Padi Toleran Naungan"

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Rozi
Guest

Semoga Indonesia bisa menjadi lumbung padi Dunia 🙂