Louis Kienne Pandanaran, Pilihan Hotel Cerdas dan Hemat di Semarang

Apa? Semarang lagi, ungkapan ini daku utarakan di dalam hati ketika mengetahui kota yang akan menjadi tempat menginap selama empat malam. Tahun kemarin (2017) Semarang menjadi penutup kunjungan kami, dan 2018 menjadi awal kunjungan luar kota. Perjalanan kami kali ini sebenarnya adalah kota Demak, untuk belajar tentang Burung Hantu.  Dikarenakan di Demak tidak terlalu banyak pilihan penginapan, maka kami memilih Semarang saja.

Pilihan saya kali ini (karena aku dipercayain untuk milih hotel) adalah hotel yang berlokasi dekat dengan toko oleh-oleh dan souvenir. Tentu jalan Pandanaran lah pilihan terbaiknya, di seputaran jalan tersebut tersebar pilihan toko oleh-oleh seperti Bandeng Juwana yang terkenal. Plus juga, di Pandanaran tersedia beberapa bank terkemuka (cieeee…sok bisnisman) yang memudahkan kita untuk bertransaksi.

Dari jalan Pandanaran, aksesnya juga gampang. Ke wisata kuliner Simpang Lima, wisata bangunan bersejarah (Lawang Sewu), pusat perbelanjaan (DP Mall) semua dapat terjangkau dalam hitungan dibawah lima menit. Bahkan ke Bandara Achmad Yani Semarangpun, cukup dekat (16 menit) saja sudah sampai.

Di Jalan Pandanaran, cukup banyak hotel yang tersedia sebagai pilihan tempat menginap. Ada Lodie Pandanaran Apartemen, Louis Kienne Hotel Pandanaran, Aston Inn Pandanaran, dan Pandanaran Hotel.

Louis Kienne Pandanaran Hotel

Pilihan daku kali ini adalah Louis Kienne Pandanaran Hotel. Jujur, tampilan photonya sangat menggiurkan untuk menginap disini. Apalagi view kolam renangnya (pool) yang berlokasi di rooftop sehingga bisa berendam sambil melihat pemandangan Tugu Muda serta Lawang Sewu dari ketinggian.

Detil Lokasi Louis Kienne Pandanaran Hotel (Dok. Pribadi)

Lokasi Loius Kienne Pandanaran Hotel cukup stategis kok, tertelak tidak jauh dari tugu pemuda yang ikonik di Kota Semarang. Dekat dengan rumah sakit Ibu dan Anak (RSIA) Hermina dan yang terpenting jika ingin beli oleh oleh khas Semarang, maka tinggal nyebrang saja. Tempat perbelanjaan juga deket, Indomaret ada di pertengahan jalan. Halte bus juga ada, jadi sangat memudahkan bagi kalian yang trip di Semarang menggunakan transportasi umum.

Reservasi

Kebetulan daku reservasi hotel via traveloka, karena lumayan untuk menambah jumlah point (bisa dibayangkan 5 kamar untuk 4 malam,berapa jumlah point yang akan diperoleh) heheee….

Lobby Louis Kienne Pandanaran Hotel (Dok. Pribadi)

Ketika rombongan (8 orang) kami datang, dengan cekatan staff hotel membawakan barang bawaan kami serta mempersilahkan untuk mencoba betapa empuknya sofa lobby hotel dan mengambil welcomming drink yang tersedia. Udara Semarang yang panas, langsung sirna oleh dinginnya ruangan lobby. Check in pun lumayan cepat, cuman terkendala di pengaturan kamar yang smooking room.

Harga (Price)

Harga kamar yang dijual via traveloka tidak jauh berbeda jika reservasi via website resmi Louis Kienne Pandanaran, sepertinya type kamar yang ditawarkan sama alias cuma satu, hanya saja beda di besar ranjang dan smooking atau non smooking room.

Harga kamar only pada hari normal (bukan weekend) antara 450 ribu hingga 500 ribu, sedangkan pada kamar include breakfast antara 500 ribu hingga 550 ribu. Untuk weekend atau ketersediaan kamar yang terbatas, maka harga bisa sampai 600 ribu untuk room only. Sayangnya di hotel ini tidak menyediakan fasilitas bayar di hotel untuk reservasi via traveloka.

Kondisi Kamar

Untuk alasan mengabadikan pemandangan kota sekaligus akses yang dekat dengan rooftop pool, maka aku minta kamar yang cukup tinggi, dikasihlah lantai 17 dengan pemandangan sebelah timur Jalan Pandanaran (sayangnya tertutup gedung koran lokal yang cukup ternama).

Kondisi Kamar Yang Minimalis Menjadikan Istirahat Jadi Nyaman (Dok. Pribadi)

Untuk menuju lantai atas, disediakan dua buah lift yang berkapasitas (standar) 13 orang berat maksimal 1.000 kilogram. Lift ini beroperasi menggunakan kartu kamar (key card) sehingga kita hanya bisa mengakses lantai dimana kita nginap, lantai 24 (gym dan pool) serta lantai 6 (restoran).  Setiap kita check in di hotel ini, kita akan diberi dua key card, satu untuk akses lantai dan pintu kamar, yang satunya untuk mengakses listrik di kamar sehingga kalo kita mau keluar sebentar  kita masih bisa nyalain listrik, ini penting banget kalo kita ngecharge sesuatu (seperti kamera dan HP) sementara kita hendak hangout di luar atau di rooftop.

Waktu masuk kamar, waaaah……look so clean, rapi dan wangi. Kamar dengan luas 25 meter persegi ini cukup luas untuk aku berguling2 di lantai (karena lantainya ada karpet tebal). Kualitas wifii di kamar sangat kenceng, bisa youtube-an dan video Call sama istri dirumah tanpa lag.

AC dingin tanpa masalah, begitupun dengan air hangat di kamar mandi. Permintaan saya untuk disediakan sajadah buat sholat dan Al-Qur’an via telpon kamar langsung direspon dan diantarkan ke kamar dengan waktu yang lumayan cepat.

GYM Fascilities

Hari kedua, aku tidak langsung mencoba poolnya, tapi mencoba untuk memanfaatkan fasilitas gym yang berada di sebelahan pool di lantai atas. Lumayan lengkap, ada freewight yaitu alat-alat berupa beban yang dapat digerakkan secara bebas tanpa terikat pada kabel atau benda lainnya. Kemudian ada fitness bench, hyper extension bench, sit up bench, swiss ball, push up gripp, matras, static bicycle dan tentu saja dua buah treadmill. Pokoknya lengkap deh!

Ruangan Gym Dengan Fasilitas Yang Lumayan Lengkap (Dok. Pribadi)

Selama 1 jam 30 menit, keringatpun bercucuran dan tubuh serasa segar kembali (kebetulan hari itu, mesti berangkat jam 9 pagi ke Demak) untuk memulai aktivitas.

Restoran

Karena daku pesan kamar include dengan breakfast, tentu saja hal ini mesti dimanfaatin betul betul untuk mengisi bahan bakar di pagi hari agar selama perjalanan menuju Demak, badan kita tetap berenergi dan nggak loyo. Restoran ini berlokasi di lantai enam. Beberapa menu lauk tersaji dengan hangat diatas meja. Ada tiga pilihan nasi lho, nasi kuning, nasi goreng dan nasi putih. Lauk yang ditawarkan cukup beragam, dari ayam (lupa ayam masak apa) hingga udang dan cumi goreng tepung. Di paling pojok, ada sajian makanan khas tradisional….soto ayam yeeeeee…..enak lho ternyata.

Suasana Resto Louis Kienne Pandanaran Hotel (Dok. Pribadi)

Minuman juga lengkap, seperti juice melon, mangga, jeruk hingga favorit aku….juice guava. Ternyata ada jamu juga lho, bagus banget ini untuk menjaga daya tahan tubuh kita, maklumlah kan kota-kota di Jawa Tengah cuacanya sangat panas.

POOLS

Nah, karena alasan utama aku memilih menginap di Louis Kienne Pandanaran  Hotel adalah karena view poolnya yang kece, maka merupakan sebuah kewajiban untuk mencoba main air disini. Pool ini terletak di bagian paling atas hotel (lantai 24), dan tidak membutuhkan akses kartu untuk menggunakan lift ke tempat ini.

Swimming Pool Louis Kienne Pandanaran Hotel (Dok. Pribadi)

Pertama buka pintu menuju pool, ternyata dinginnya full dengan hembusan angin yang agak kencang……wussss. Terpintas untuk menunda kegiatan di pool satu atau dua jam lagi, namun demi kepentingan dokumentasi…..yaaa sudahlah nyebur aja.

Sebelum menuju pool, kalian mesti registrasi dulu agar mendapat towel alias handuk, ingat lho tidak diperbolehkan menggunakan handuk kamar hotel atau handuk pribadi, karena ada satu keluarga yang ditegur secara sopan ketika menggunakan handuk pribadi.

Suasana Pools Yang Sepi di Waktu Pagi (Dok. Pribadi)

Ada tiga kolam di Louis Kienne Pandanaran, yang pertama kolam buat jacuzzi karena ada aliran deras airnya sehingga terasa dipijit, kedua kolam besar dengan kedalaman 120 sentimeter, dan terakhir kolam cetek sehingga anak-anak dapat bermain dengan aman (tetap mesti diawasin sih).

Sambil bermain di pool yang bening dan bersih, kita bisa melihat seputar bundaran pemuda plus bangunan tua Lawang Sewu. Kondisi pool yang nampak tak bertepi sehingga terlihat apik jika di photo dari tepi.

Check Out

Tibalah bagi kami untuk check out, waktu keberangkatan dijadwalkan pada pukul 08.15 maka kami harus segera check in pada jam 06.00 pagi. Akhirnya kami ditawarin wake up call dan early breakfast (tapi dibungkus) untuk dimakan di bandara.

Staff hotel kembali dengan cekatan membawakan semua barang bawaan kami ke bawah (untuk lima kamar berbeda lho) berikut menaikkannya ke mobil yang telah kami pesan untuk mengantarkan ke bandara.

Kesimpulan

Dengan budget yang tidak terlalu mahal, hotel ini menjadi pilihan cerdas untuk menginap di Semarang. Lokasi yang sangat strategis dapat menjadi salah satu pertimbangan lho. Selain itu fasilitas eperti gym dan poolnya wajib untuk dicoba. Yang pasti aku bersama kawan-kawan sangat puas berada di hotel ini selama empat hari di sini. Dan akan menjadi rekomendasi teman teman se-kantor kalo ada kegiatan di Semarang Lagi.

Fasilitas

• 24-jam Room Service
• Spa and Sauna
• Gym and Health Centre
• Kolam renang dewasa dan anak
• Shuttle Service to and from Airport

Notify of
liana
Guest

wah, menarik ya mas. hotelnya megah dan mewah.
ditambah lagi fasilitas yang lengkap 🙂

jadi mau coba stay di sana hihi

Nasirullah Sitam
Guest

Lokasinya dekat dengan pusat kulineran Lumpia
Hahahahahah,. Iya sih, Demak emmang susah mencari hotel bintang 3 ke atas

Ramadani Idaham
Guest

Zaman traveloka masih belum ada app dan masih website, gua udah senang sama situs ini, terus soal hotelnya keren hehe

danan

infinite poolnya kece banget

Gio | Disgiovery.id
Guest

Sejak lama tergoda ingin menginap di Louis Kienne ini karena infinity pool-nya, hahaha! Semoga lain kali kesampaian! 🙂

ainun

suka sama infinity poolnya, note dulu deh
kalo menu makannya banyak wahh aku betah ahahah

ambar pravita
Guest

Wahh,, keren tempat nya.. Bisa buat referensi nih

Vhieta

Fasilitas nya lumayan, room nya juga keren. Makasih info nya kak..