Makan Siang Syahdu Di D’Penyetz & D’Cendol Banjarmasin

Banjarmasin, 9 Mei 2018. Disiang hari yang panasnya membahana bagai badai, kami sekeluarga bernaung di sebuah mobil kecil yang habis service di bengkel. Indikator panas mobil menunjukkan 33 derajat celcius, lumayan panas untuk sebuah kota kecil nan padat seperti Banjarmasin. Maksud hati ingin makan siang gado2 di seputaran pasar lama tapi nggak buka alias tutup.

Jalan-jalan sambil searching rumah makan ketemu resto baru (baru kami liat) di Jalan Gatot Subroto. Tulisan besar berwarna kuning dan hijau serta tampilan makanan berbentuk spanduk memaksa kami memutar mobil (karena sudah terlewat). Kebetulan tulisan D’Cendol berwana hijau ini mampu menghadirkan harapan penghapusan gundah gulana kerongkongan yang sedang dahaga ini untuk merasakan segarnya es cendol.

View D’Penyetz & D’Cendol Banjarmasin (Dok. Pribadi)

Lokasi

Lokasi menuju D’Penyetz & D’Cendol Banjarmasin sangatlah mudah, terletak di pinggir Jalan Gatot Subroto. Jika anda datang dari arah luar kota, silahkan ambil lurus saja di jalan A. Yani hingga ketemu dengan fly over Kilometer tiga, Tapi jangan ambil jalur atas, cukup lewat jalan samping fly over dan ambil kanan di perempatan bawah fly over menuju jalan Gatot Subroto. Nah sekitar 300 meter dari perempatan, maka akan terlihat resto tersebut di kiri jalan.

Maps D’Penyetz & D’Cendol Banjarmasin

Pokoknya, ketemu fly over ambil kiri….Nggak akan nyasar dan salah jalan deh, soalnya fly over cuma ada satu-satunya di banjarmasin. Untuk yang bawa kendaraan, restoran ini mempunyai halaman parkir yang cukup luas kok, bisa menampung 10 hingga 15 buah mobil. Untuk sepeda motor bisa sampai 50 buah.

View (Penampakan)

Bangunan megah dari luar ternyata didukung oleh tampilan dalam ruangan yang terkesan luas (mungkin karena pengaturan tata letak meja serta kursi) sehingga banyak space untuk meja makan. Bagi anda para perokok, disediakan ruangan makan di atas (lantai dua) sedangkan lantai dasar hanya diperuntukkan bagi mereka penyuka udara segar tanpa rokok. AC di ruangan ini juga lumayan banyak, sehingga sejuknya sangat kerasa.

Kebersihan ruangan ternyata menjadi perhatian pengelola resto, dari pesan menu hingga habisnya makanan, tidak terlihat satu ekorpun makhluk yang bernama lalat. Karena nggak ada lalat, maka makan kami sekeluarga pun jadi syahdu tanpa gangguan yang berarti. Bayangin, kalo ada lalat…pasti saya sering senam (gerakin tangan untuk mengusir lalat) sambil makan.

Lampu Jaman Doeloe D’Penyetz & D’Cendol Banjarmasin (Dok. Pribadi)

Seperti Resto Pesta Keboen, ternyata D’Penyetz juga memasukkan ornamen klasik di resto mereka, yaitu tampilan lampu gantung jaman dulu. Meskipun nggak dulu-dulu amat, tapi cukup tua untuk anak plastik jaman sekarang heheee…Kondisi hiasan dinding berbentuk jendela dari kayu dengan photo pemandangan menambah kesan jadul resto ini.

Narsis Bentar (Dok. Pribadi)

Sepertinya bagian depan nggak perlu penerangan tambahan oleh lampu, karena terdiri dari kaca sehingga pencahayaan sangat cukup akibat matahari, tapi nggak silau kok…karena aku yakin bangunan ini menggunakan kaca film sehingga teriknya cuaca diluar malah nggak terasa kalo kita berada di dalam resto.

Menu dan Harga

Menu yang disajikan cukup lengkap, aneka ikan dan dagingnya mampu menambah nafsu makan kita. Yang menambah plusnya adalah pilihan nasi, tersedia nasi Banjar dan nasi Jawa. Kalo nasi banjar teksturnya pera (karau) sedangkan nasi Jawa adalah pulen. Untuk makanan saya pilih Itik (bebek) masak kecap bali dipadukan sayur asam Banjar (mirip sayur asam Jawa) hanya saja asemnya sedikit kurang dibandingkan sayur asam Jawa.

Setelah menunggu sekitar 5 menit, minuman pun hadir….dan untuk makanan sekitar 10 menit. Cepat juga ternyata untuk sebuah resto baru, mungkin dikarenakan jumlah karyawan yang lumayan banyak.

Untuk Bebek Masak Kecap Bali, taste daging bebeknya empuk, gurih dan rasa manis kecapnya yahud. Dan tidak ada bau (aroma) amis daging bebeknya, artinya diolah dari daging bebek segar dan dimasak sedemikian rupa sehingga aroma amisnya nggak terasa ketika mengunyahnya dipadukan dengan nasi banjar….wooow nyaman banar (bahasa banjarnya enak sekali). Tahu, tempe dan sambalnya ikut menggoyang lidah saya hingga suapan terakhir.

Itik Masak Kecap Bali D’Penyetz & D’Cendol Banjarmasin (Dok. Pribadi)

Minumnya terdiri dari aneka juice buah-buahan, sop durian serta yang special adalah es cendol aneka rasa.  Rasa bingung milih yang mana dan akhirnya saya coba Soup Durian Cendol Ketan Hitam. Waktu mencobanya saya sempat kecewa, karena saya pikir duriannya hanya dari ice cream rasa durian, tapi….ternyata ada durian (1 biji) yang tersembunyi dibalik limpahan keju parut plus ceres cokelat.

Soup Durian Cendol D’Penyetz & D’Cendol Banjarmasin (Dok. Pribadi)

Setelah habis ice cream dan durian, di bagian bawah ternyata ada ketan hitam di mix dengan cendol hijau (dari beras). Luar biasa…perpaduan rasanya sangat pas, sehingga menciptakan sebuah menu minuman yang yahud.

Untuk Harga, Insya Allah terjangkau kok. Cukup 25 Ribu, anda akan merasakan soup durian ketan hitam dan 35 ribu rupiah untuk Itik Masak Kecap Bali. Untuk Juice harganya juga nggak mahal-mahal amat, sekitar 15 ribuan kok.

Overall

Menurut saya, D’Penyetz & D’Cendol Banjarmasin merupakan sebuah resto keluarga yang wajib anda tongkrongin deh. Karena, yang jelas menunya lengkap dan cukup terjangkau, dan rasanya wooow….nyaman banar. Kebersihannya juga top deh, nggak ada lalat, nyamuk dan semut berkeliaran di resto tersebut. Jumlah karyawan (chief dan pramusaji) yang lumayan banyak ternyata mampu menghadirkan masakan yang kita pilih berhasil disajikan dengan cukup cepat (nggak sampai 10 menit).

Lokasinya masih di seputaran kota Banjarmasin dan yakin nggak bakalan nyasar deh, tinggal mainkan google maps anda. Untuk fasilitas lumayan lengkap lho, malah ada colokan listrik di beberapa meja sehingga kita bisa ngecharge HP atau laptop. Kemudian juga ada tempat main buat anak (anak kecil lho yha) prosotan, sehingga anak bisa bermain sambil makan.  Ayo bagi kalian yang belum pernah kesana, cepetan cobain.

Sekedar info, ternyata D’Penyet & D’Cendol adalah Franchise yang sudah mempunyai nama besar, bayangin aja nih…mereka sudah buka puluhan outlet di Indonesia, bahkan di Luar Negeri seperti Singapura, Myanmar, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Fasilitas

• Ruang Makan Tertutup
• Ruang Makan Terbuka (Smooking Area)
• Area Parkir
• Akses Wifii
• Toilet
• Musholla
• Tempat main anak
 HOW TO RESERVATION

  • Jl. Gatot Subroto No.37-38, Kebun Bunga, Kec. Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70237
  • View the Maps
  • (0511) 6778778
  • www.dpenyetz.co.id
  • Buka All day Jam 10.00 – 21.00

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

10
Tinggalkan komentar

avatar
10 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
10 Comment authors
eka fikryHimawan SantFanny F NilalianaMatius Teguh Nugroho Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
deddyhuang.com
Guest

sup durian itu menggoda sekali..

Yudi
Guest

Kalau singgah di Banjarmasin, wajib dicoba nih…

ainun
Guest

ternyata mas anton stay di banjarmasin toh, wahhh saya udah lama ga ke banjarmasin lagi nih, nice info nih buat tempat makan

Idris
Guest

Suka SOP duriannya, enak pastinya

Hans
Guest

Kalo disini saya juga suka makan di Dpenyetz dan Dcendol ini mas 😀
Sukanya makan ayam bakar bumbu madu.
Kalo cendolnya sendiri belum sempat nyobain sih 😀

Matius Teguh Nugroho
Guest

Kalo udah cuaca panas kayak gitu, aku udah nggak peduli makan apa, yang penting tempatnya punya AC dan harganya nggak mahal-mahal amat hahaha.
Jadi itu bebek apa itik mas? Keduanya mirip tapi beda hehe. Sop cendolnya mantep bangeeettt!

liana
Guest

oalah, makanannya yang super enak!
saya ga kuat liat sop duriannya, bikin mau makan haha

terima kasih biat info dan artikel lengkapnya ya kak 🙂

Fanny F Nila
Guest

di rawamangun ada nih cabangnya… aku udh nyobain… utk rasa makanan, buatku sih sbnrnya so-so.. enak, tapi ga yang gimanaaaa gitu sampe aku keinget trus :D.. tp buat es durian dan es cendolnya, baru deh, mantep 🙂 ..

Himawan Sant
Guest

Heumm .. tampilan soup durian cendolnya .. menggoda iman … , kesannya penuh banget kayak gitu 😁

eka fikry
Guest

wow, asek-asek, yang penyet-penyet manja aku sukah.. ;))